Biografi Isaac Newton

Sir Isaac Newton adalah satu dari sedikit manusia jenius di muka bumi. Newton identik dengan hukum gravitasi dan sampai detik ini dunia tetap mengabadikan temuan dan karyanya sebagai fondasi perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Seperti kebanyakan ilmuan tempo dulu, keahlian Newton begitu komplit. Ia adalah pakar fisika,pakar matematika,pakar astronomi,natural filsof dan ahli kimia. Bukunya PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica menjadi karya Newton paling populer yang menjadi peletak dasar ilmu alam.

Namanya pertama kali dikenal justru karena percobaannya dengan prisma. Pada tahun 1672 ia dipilih sebagai anggota Royal Society, suatu wadah perkumpulan ilmuwan-ilmuwan terhormat Inggris. Dalam sambutan penerimaannya, dia menunjukkan teleskop pantul pertama di dunia hasil karya tangannya sendiri.

Barulah pada usia 42 ia mulai menulis sebuah buku yang diakui sebagai buku sains terbesar yang pernah ditulis, Principia Mathematica Philosophiae Naturalis. Ia menulis buku ini dalam Bahasa Latin dan menyelesaikan dalam waktu 18 bulan.
Ketika ia ditanya bagaimana ia mampu membuat begitu banyak penemuan, Newton menjawab bahwa ia menemukan solusi dari masalahnya bukan secara mendadak ( instan ). Akan tetapi ia telah berpikir keras terus-menerus dalam jangka waktu lama tentang masalah itu, sampai akhirnya ia berhasil memecahkannya.
Dalam masa hidupnya ia dihormati oleh negaranya sebagai ilmuwan terbesar yang pernah hidup. Pada tahun 1705 ia diberi gelar bangsawan oleh Ratu Anne. Newton meninggal pada usia lanjut, yaitu 85 tahun dan dimakamkan di Westminster Abbey bersama-sama dengan Raja dan pahlawan Inggris. Walau Newton telah tiada, tetapi karya-karya besarnya sungguh telah mengubah dunia dan mengangkat derajat manusia.

Biografi

Isaac Newton lahir 4 Januari 1643 di Woolsthorpe-by-Colsterworth, sebuah desa di county Lincolnshire. Pada saat kelahirannya, Inggris masih mengadopsi kalender Julian, sehingga hari kelahirannya dicatat sebagai 25 Desember 1642 pada hari Natal. Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal
tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur; dilaporkan pula ibunya, Hannah Ayscough, pernah berkata bahwa ia dapat muat ke dalam sebuah cangkir (≈ 1,1 liter). Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya, Margery Ayscough. Newton muda tidak menyukai ayah tirinya dan menyimpan rasa benci terhadap ibunya karena menikahi pria tersebut, seperti yang tersingkap dalam pengakuan dosanya: "Threatening my father and mother Smith to burn them and the house over them."

Sejak usia 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The King's School yang terletak di Grantham (tanda tangannya masih terdapat di perpustakaan sekolah). Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya. Kepala sekolah King's School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.

Pada Juni 1661, Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge sebagai seorang sizar (mahasiswa yang belajar sambil bekerja). Pada saat itu, ajaran universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Pada tahun 1665, ia menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus. Segera setelah Newton mendapatkan gelarnya pada Agustus 1665, Universitas Cambridge ditutup oleh karena adanya Wabah Besar. Walaupun dalam studinya di Cambridge biasa-biasa saja, studi privat yang dilakukannya di rumahnya di Woolsthorpe selama dua tahun mendorongnya mengembangkan teori kalkulus, optika, dan hukum gravitasi. Pada tahun 1667, ia kembali ke Cambridge sebagai pengajar di Trinity.


Referensi:
1.http://realitaswujud.blogspot.com/2013/10/biografi-sang-mekanika-klasik-sir-isaac.html
2.http://alakaza.wordpress.com/2011/01/10/biografi-sir-issac-newton-ilmuwan-fisika-inggris-1642-1777