5 Tips Presentasi Hebat

Video berikut akan menjelaskan kepada Anda 5 cara sederhana menciptakan presentasi yang hebat.
Tips presentasi yang baik ini dianjurkan oleh Nancy Duarte.
Silakan saksikan video di bawah yang dibuat dengan Powerpoint dengan teknik animasi kelas dunia sehingga tercipta perpaduan yang luar biasa antara slide dengan narasi dari presenternya.


Berikut Penjelasan video presentasi yang hebat tersebut:

1. Treat Your Audience As King

Perlakukan Audiens Sebagai Raja.
Audiens Anda adalah raja. Mereka hadir mendengarkan presentasi Anda karena kebutuhan.
Desain presentasi Anda sesuai kebutuhan audiens, bukan atas dasar keinginan Anda sendiri. Audiens ingin tahu apa yang penting buat mereka. Ciptakan presentasi yang jelas, sederhana dan mudah dimengerti.

2. Spread Ideas and Move People

Sebarkan Ide dan Ajak Orang Untuk Bertindak
Audiens ingin mendapatkan inspirasi dari presentasi yang Anda bawakan. Mereka pun ingin mendapat manfaat dari kualitas pemikiran Anda. Ingat, presentasi bukanlah sebuah meeting yang membosankan melainkan harus menjadi penampilan yang memberi makna.

Anda dapat menggunakan animasi untuk membantu audiens memahami pesan lebih baik sekaligus mengajak mereka bertindak.

3. Help Them See What You Are Saying

Bantu Mereka Melihat Apa Yang Anda Katakan
Sebuah gambar bisa memberi makna seribu kata.
Ketika Anda merancang presentasi, tanyakan pada diri Anda, apa yang sebenarnya hendak dikomunikasikan? Lakukan brainstorming ide dan ganti kata-kata ke dalam gambar, grafik atau diagram.
Rancang presentasi dengan tampilan yang konsisten sehingga seluruh slide berfokus pada kesatuan ide. Dengan demikian, audiens akan mudah memahami apa yang Anda sampaikan. Jangan sampai mereka terdistraksi oleh slide yang membingungkan.

4. Practice Design Not Decoration

Terapkan Desain Bukan Dekorasi
Desain berbeda dari dekorasi.
Desain yang baik menempatkan setiap elemen secara sadar untuk tujuan komunikasi tertentu. Tidak ada elemen apakah gambar, diagram atau tulisan yang diletakkan tanpa maksud tertentu.
Adapun dekorasi menambahkan sesuatu yang tujuannya untuk menghias tapi malah seringkali membuat slide presentasi jadi rumit dan membingungkan.
90% dari proses kreatif adalah dengan cara mengurangi. Jika Anda ingin menampilkan pesan yang kuat, fokuskan pernyataan Anda pada kalimat yang menjadi inti presentasi.
Jika Anda ingin menampilkan gambar yang kuat, perbesar gambar tersebut dan tunjukkan kekuatannya.

5. Cultivate Healthy Relationship

Bangun Hubungan Yang Sehat
Sebagai presenter, Anda berinteraksi dengan slide dan audiens. Ciptakan hubungan yang baik dengan mereka. Kurangi teks yang tidak perlu dan fokuskan pada inti pembicaraan.
Lakukan latihan dan pengulangan sebelum Anda tampil.
Slide Anda berfungsi sebagai komunikasi visual kepada audiens. Jangan lupa untuk senantiasa menciptakan kontak mata dan menampilkan . Dengan demikian, tercipta rasa saling percaya dan hubungan yang sehat antara Anda dengan audiens.


Sumber :http://www.presentasi.net/tips-membuat-presentasi-hebat/